Friday, March 29, 2013

Say, "Peaceee!"



  1. Pita putih
Simbol The White Ribbon Campaign (WRC), bertujuan untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan. Kampanye yang dilakukan juga tergolong unik . bukannya fokus pada penanganan kasus kekerasan, WRC justru lebih fokus dalam pencegahan. Makanya, kampanye mereka dilakukan dengan cara memberi pendidikan bagi semua orang, supaya mereka menghentikan kekerasan terhadap perempuan.




  1. v-sign
Simbol V ini pertama kali dikenal di Eropa selama Perang Dunia kedua. Simbol yang awalnya sering digambar di tembok- tembok kota sebagai bentuk protes rakyat yang mennginginkan kebebasan dari penjajahan, lalu mulai sering digunakan oleh gerakan perdamaian pada tahun 1960- 1970 sebagain simbol kemenangan untuk perdamaian dan kebenaran.




  1. simbol anti-nuklir
Biarpun kelihatan simpel, tapi lambang ini memiliki arti yang luar biasa ‘dalam’. Lambang perdamaian ini terinspirasi dari situasi perang. Idenya diambil dari kombinasi semafor (sinyal bendera) antara huruf N dan D, yang merupakan singkatan dari Nuclear Disarmament, atau pelucutan senjata nuklir. Jadi, simbol ini dibuat dengan harapan dunia mau menghentikan perang nuklir.

Simbol perdamaian paling terkenal di dunia ini didesain oleh Geraid Holtom pada 21 Februari 1958. 




  1. peace rainbow flag
Peace Rainbow flag diklaim sebagai ‘bendera perdamaian’. Simbol satu ini berbentuk bendera dengan tujuh warna pelangi dengan hiasan kata “PEACE” di tengahnya.
Menurut Amnesti Internasional, produsen rainbow flag, France Belsito, bisa menjual jutaan bendera setiap tahunnya.

 

  1. ucapan “shalom” atau “salaam”
Pernah mendengar orang bilang “shalom” atau “salaam” buat menyapa seseorang. Kata- kata yang menjadi salah satu lambang perdamaian ini diambil dari bahasa Ibrani yang berarti “damai”.


  1. white poppy
Jarang mellihat bunga ini? Bunga mungil berwarna putih ini digunakan sebagai alat kampanye oleh Cooperative Women’s Guild. Sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang perdamaian.
Bunga poppy putih dipakai sebagai simbol atau janji bahwa perang tidak boleh terjadi lagi.





  1. burung merpati membawa daun zaitun
Burung merpati adalah simbol perdamaian yang paling mudah dikenali. Gambar ini dianggap sebagai lambang perdamaian setelah Pablo Picasso, menggunakan gambar burung merpati yang sedang membawa daun zaitun sebagai ilustrasi yang ia desain untuk Kongres Perdamaian di Paris pada tahun 1949. sejak itu, gambar ini dipakai secara luas untuk melambangkan perdamaian.


  1. panda
Hewan lucu ini ngga Cuma mucul sebagai pemeran utama di film kungfu panda. Dia juga menjadi simbol perdamaian diplomatis yang terbentuk antara China dan Taiwan. Jadi, pada awal tahun 2006, pemerintah China memberikan dua panda lucu kepada pemerintah Taiwan sebagai lambang mereka hendak memperbaiki hubungan yang telah terpecah semenjak Perang Sipil pada tahun 1949.


from: kawankumagz


No comments:

Post a Comment

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...