Monday, March 18, 2013

Sampah Makanan adalah Pupuk yang bagus

Pertama- tama, tiriskan sampah makanan sehingga tidak terlalu berair dan berbau. Taruh sampah makanan dan buanglah di kotak khusus sampah makanan.


Membuat Pot Cacing Tanah
  1. Siapkan sebuah pot kira- kira tingginya 30 cm. Daripada ngga ada trus mau beli, mending cari tempat- tempat yang ngga dipakai. Tempat es krim misalnya.
  2. Belilah cacing tanah di toko alat pancing. Kalau mau hemat, kamu bisa cari di halaman rumah atau halaman tetangga. Pastikan sudah minta izin dulu, jangan sampai kamu dikira tukang kebun yang baru.
  3. Taruh cacing dan tanah di pot, lalu tutuplah pot dengan kain hitam. Atau kantong plastik hitam juga boleh.
  4. Taruh sampah makanan di dalam pot hingga 2-3 hari kemudian. Tapi ingat, sampah makanannya sesuaikan dengan cacing dan tempatnya. Jangan sampai cacing dan tanahnya secuil, terus sampahnya segunung. Oke, oke?


Minggu siang, aku sedang ngga ada kerjaan. Ngga bisa tidur juga karena mati lampu. Tiba- tiba teringat sama sosialisasi tentang lingkungan waktu hari Jum’at kemarin. Teringat juga sama buku adikku ‘Aku Suka Belajar... Daur Ulang’. Disitu ada petunjuk tentang bagaimana membuat pupuk dari sampah makanan.
Aku pun mengambil sendok kayu yang jarang dipakai dan mangkuk plastik bekas es krim. Kebetulan halaman belakangku itu tanahnya gembur. Pasti banyak cacingnya, kayak tahun lalu aku dapat banyak. Baru galian pertama, aku sudah menemukan banyak cacing. Gemuk- gemuk lagi.
            Setelah mengumpulkan banyak cacing dan menaruhnya ke dalam wadah. Aku mulai menghitungnya. Kira- kira ada 15 lah, tapi yang aku heran. Cacing- cacing yang aku kumpulkan kebanyakan mati dan hilang. Hmmm... trus sudah itu agak bau juga. Kenapa ya?
            Ini aku punya beberapa fotonya

Oke, kita lihat 2 hari kedepan. Tunggu ya..




 Ini yang terpanjang




No comments:

Post a Comment

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...