Wednesday, March 20, 2013

Review Book: FLIPPED




You never forget your first love..

Buku ini diterbitkan 2 tahun yang lalu oleh Orange Books. Dan ditulis oleh Wandelin Van Draanen. Kemudian diterjemahkan Sylvia L’Namira. Aku baru memilikinya 8 februari tahun lalu. Ngga yakin kalau bukunya masih beredar di toko- toko. Karena biasanya buku- buku yang sudah lama terbitnya, sudah ditarik kembali sama penerbitnya. Apalagi kayak toko buku yang sebesar Gramedia.

Aku pikir, kita semua pernah merasakan kejadian seperti yang ada di dalam buku ini. Entah menjadi posisi Juli atau Bryce. Buku ini diceritakan dari dua sisi yang berbeda, yaitu Julianna Baker dan Bryce Loski. Menarik. Melihat kejadian dari dua sisi yang berbeda J.
Jadi ceritanya, waktu masih kecil Juli ini suka sama Bryce terutama matanya yang biru  tapi sebaliknya, Bryce membencinya. Dia melihat Juli sebagai gadis yang aneh karena suka masuk kandang ayam dan duduk berlama- lama di atas pohon.


Namun, keadaannya jadi terbalik setelah mereka remaja. Bryce yang dulu membenci Juli sekarang malah menyukainya. Dia melihat keanehan Juli sebagai sebuah kebanggan dan Juli sudah ngga suka sama si Bryce ini. Dia merasa mata Bryce yang dikaguminya itu sudah kosong dan tak berarti apapun lagi.

Kesimpulan yang dapat kita ambil ‘Jangan terlalu membenci seseorang.’ Karena siapa yang tahu keadaan yang di masa depan seperti apa? Dan siapa yang tahu keadaannya menjadi terbalik?

           
Buku ini sudah mendapat banyak penghargaan yaitu:
            Pemenang Virginia Young Readers Program Award (2003)
            Pemenang South Calorina Children’s Book Award (2003)
            Pemenang California Young Readers Medal (2004)
            Pemenang Nevada Young Readers Award (2004)
            Heartldand Truly Moving Pictures (2010)

Daaann... buku seharga Rp45.000 ini sudah lama difilm kan dan dibuat vcdnya. Sudah beberapa kali tayang juga di tv kabel. Yang aku suka disini ialah tokoh Juli. Soalnya dia suka dan sayang sama pohonnya. She like me!



Juli Baker yang diperankan oleh Madeline Carroll


Bryce Loski yang diperankan Callan McAuliffe

Buku ini juga mempunyai cover yang lain

Versi US
Versi US Movie edition

Versi Thailand

Versi Polandia


2 comments:

  1. great review now follow back http://natwest-thatgirl.blogspot.co.uk/

    ReplyDelete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...