Saturday, April 20, 2013

TIPS Memilih Jurusan IPA atau IPS



Halo kalian yang sedang galau mau ambil jurusan IPA atau IPS! Sekarang ini gue mau berbagi. Gue kan sudah kelas 2 (^__^) Semoga dengan membaca ini kalian bisa tercerahkan.

  1. Cari tahu kesukaan dan kemampuan kamu dimana. Jangan sampai kemampuan kamu di IPS tapi kamu malah ambil IPA. Begitu juga sebaliknya. Tapi, kalau kemampuan kamu di IPS tapi kamu sukanya di IPA, ambil IPA saja. Karena kamu pasti akan semangat belajar kalau kamu suka sama pelajarannya kan? Begitu juga sebaliknya.

  1.  Jangan pernah ikut- ikutan sama teman. Sahabat semua masuk kelas IPA. Kamu kepingin ambil IPS. Karena nggak mau pisah, kamu malah ikut- ikutan ambil IPA meski kamu tahu kemampuan kamu di IPS. Jangan pernah seperti itu. Coba tanyakan pada dirimu, sampai kapan mau ikut- ikutan sama teman? Cobalah mengambil keputusan yang berbeda dengan orang lain.

  1.  Bicarakan sama orang tua. Karena tidak semua orang tua membiarkan anaknya masuk IPS. Mereka lebih cenderung ke IPA, alasannya kalau masuk IPA bisa ambil jurusan apa saja saat kuliah. Jadi, kalau mau ambil jurusan bicarakan dulu dengan orangtua dari hati ke hati apalagi kalau oangtuamu termasuk tipe yang yah begitulah.


  1. Perhatikan nilai. Umumnya di sekolah- sekolah, peminat IPA lebih banyak daripada IPS. Jadi kalau kamu mau masuk IPA tingkatkan nilai IPA kamu. Biar kamu suka dan mampu tapi kalau nilai kamu rendah sama saja. Posisi kamu bisa tergantikan dengan orang yang  nilainya lebih tinggi. Dan bisa- bisa kamu masuk ke kelas yang nggak kamu pilih. Tapi, bukan berarti pilih IPS ngga usah susah-susah belajar. Harus tingkatkan nilai juga supaya masuk di kelas unggulan.

  1. Kalau misalnya kamu mau mengambil jurusan IPA dengan alasan supaya bebas mengambil jurusan saat kuliah. Ehmm... gimana ya. Berarti kamu belum tahu kamu mau jadi apa. Memang sih diumur kayak sekarang, masa- masa labil, kadang kepingin jadi ilustrator ngga lama mau jadi dokter. Trus, kalau yang gue dengar sekarang ini, bisa kok jurusan IPS ambil kedokteran. Ngga tahu benar apa enggak, soalnya gue kan Cuma dengar- dengar. Apakah itu rumor? Yang jelas ini bukan Rumor-nya butiran debu.

Oiya, gue juga pernah galau kok waktu pemilihan jurusan. Baca disini
Semoga kamu berhasil. Ganbatte kudasai. 

10 comments:

  1. assalamualaikum :) yeah aku juga lagi bingung masalah itu, kalau ditanya sukanya apa aku juga bingung, kalau IPS aku nggak cling sama yg namanya menghafal, kalau IPS aku nggk ngeh sama fisika, aaaaaaa apa dong? cita-cita sih dulu jadi desain grafis (manual tapi, soalnya akunya gaptek), terus nggk lama kemudian pengen jadi pembisnis alias wirausaha, terus baru-baru ini pengen jadi pegawai pajak dan di pertambangan :D toeng! saran ya :) thannks

    ReplyDelete
  2. Kalau menurutku kamu pilih IPS saja. Lagian hafalan yg kamu bayangkan ngga banyak-banyak amat kok :)

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum :) aq lagi bingung setengah mati ne ambil jurusan IPA / IPS.
    kalau di IPS q suka semua pelajaran , klu di IPA y stabillah tp fisikanya aq g' memungkinkan . aku pingin masuk IPS tapi orang tua aku g' ngasi masuk IPS , aku sampek berdebat masalah jurusan dengan orang tua.
    * klu g' nurutin orang tua nanti di bilang pembangkang/anak durhaka saya takut
    * tapi pinginx saya masuk IPS
    sekarang saya bener2 bingung p mau ikutin orang tua ap aQ mau ikutin kata hati q, Q paling takut sama ibu saya , ayooo gmn dong tlg bantu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku, lebih baik kamu bicara dari hati ke hati. Jangan berdebat. Biasanya orangtua akan luluh kalau begitu. Ungkapkan alasan knp km mau ambil IPS. Oke? good luck *jadi psikolog dadakan nih XD

      Delete
  4. hello.. aku bingung juga nih.. minat saya ke ips tapi saya takut kalo di ips ga bisa ngejar soalnya saya sulit berkonsentrasi terhadap teori teori. di ipa juga sih minat tapi sedikit. mohon sarannya yaa hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Errr...emang sih kalo jurusan IPS bakal ketemu sama teori" terutama pelajaran sosiologi dan ekonomi. tp km jalanin aja dengan santai :)

      Delete
  5. aku bingung juga nih. taun depan udah penjurusan. Aku pinginnya masuk IPS karena aku pengen masuk fak.Ekonomi Bisnis.kalo IPA aku takut nggak bisa ngejar soalnya aku lemah di sebagian besar mapel di IPA. tapi Orangtua, kakak, sama keluarga pada pengen aku masuk IPA . sampe debat juga malah (Ini aslinya yg mau sekolah sapa tooo? *teriakan dalam hati*) aku butuh saran biar bisa ngeyakinin ortuku. Plissss tolongin akuu TT TT

    ReplyDelete
  6. Jawaban ini dari kak @Irvinalioni :)

    ya musti kekeuh dalam pendirian dia. kalo dia mampunya di IPS, ya apa boleh buat. yakinin aja keluarganya. baik2 ngomongnya, jangan keliatan ngeyel. lagian IPA IPS sama aja, gimana orangnya aja bisa rajin apa nggak. mau jadi pemimpin dimana-mana harus menguasai ips, misal presiden harus mampu menguasai komunikasi politik.hidup ips! gue anak ips masih bs idup kok haha

    ReplyDelete
  7. aku bingung kak. aku naik kelas 2 SMA . tapi aku jurusan IPA. pas semester 1 nilai ku tinggi. pas sem 2 turun 88 jadi 81..(nilai geo,sos,sejarah,eko)
    apa kah aku masih bisa masuk jurusan fak IPS?

    ReplyDelete
  8. Masih bisa dek. Karena nilai mu ngga menurun drastis. Misalnya dari nilai 88 turun ke 75. tapi nilai mu kan masih masuk dalam kategori angka 8nan (88-81) jadi ngga jadi masalah. Gitu. :)

    ReplyDelete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...