Thursday, December 12, 2013

4+ 1 = 5 Yang Bikin Madrasah Terlihat Beda dari Sekolah Umum


          Gue ngga bilang lho, kalo Madrasah (sekolah) itu yang paling baik. Cuma, kan ngga ada salahnya kalo gue mau banggain madrasah. Gue kan sudah enam tahun. Hehe. Tapi ini bisa dijadikan pertimbangan buat kamu yang baru mau masuk, atau yang sudah ada didalam supaya makin bangga. Hohoho...



1. Kalo sekolah umum itu pelajaran agamanya Cuma satu. Tapi kalo di madrasah tsanawiyah (SMP) atau madrasah aliyah (SMA), pelajaran agama terbagi tiga. Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Al- qur’an hadis dan akidah akhlak.
           
          - Al- qur’an hadis, sesuai namanya kamu akan mempelajari Al- qur’an beserta hadis- hadis. Seperti kisah pada zaman nabi, hal- hal tentang ibadah (dan masih ada lagi). Nah itu kan ada ceritanya di al- qur’an atau hadis, tapi dipelajaran ini akan lebih diperjelas lagi maksudnya.

     - Akidah akhlak, tentang perilaku- perilaku baik dan buruk dalam agama islam. Contohnya, kayak riya dan masih banyak lagi.

      - Fiqih, yang dipelajari seperti hukum islam, talak (perceraian), tata cara sholat, pembagian harta warisan, pengurusan jenazah. Yang sekitar- sekitar itulah~

- SKI, kamu akan belajar bagaimana kerajaan- kerajaan islam berjaya pada beberapa abad yang lalu. Penyebab runtuhnya kerajaan- kerajaan islam tersebut. Pokoknya kerenlah. Lebih keren dari kerajaan majapahit dan teman- temannya. Tau ngga, pada akhir zaman nanti umat islam akan memperoleh kejayaannya lagi?

2. Baju kamu dikeluarin. Yap, ini benar. Tapi ngga berlaku kalo kamu cowok. Khusus buat cewek saja. Karenaaa... perempuan diistimewakan. Halah! Supaya bagian pinggul dan p***** cewe tertutup sama baju, ngga dimasukin aja pinggul sama p***** kelihatan, apalagi kalo dimasukin. Setahuku di sekolah umum, yang beginian ngga berlaku. Ya kan?

3. Kamu belajar bahasa arab
          Wah, wah, apa ya yang dikatakan anak- anak saat mendengar bahasa Arab. Kedengarannya sih bagus, apalagi ini kan bahasa al- qur’an. Mempelajari bahasa Arab itu susah- susah gampang. Tergantung gurunya cara menjelaskannya ke kamu kayak gimana. Tau ngga penyebab doa itu ngga dikabulkan karena kamu berdoa ngga tau artinya apa. Mana tau kamu salah baca. Salah baca salah arti lho..        

4. Hafal surah- surah pendek
          Kebanyakan siswa merasa ngga sanggup kalo dengar bakalan disuruh hafal satu juz, juz 30. Yang terdiri dari 37 surah- surah pendek. Eh, ada yang panjang banget sih. Tapi, ini bisa dijadikan bekal untuk diakhirat nanti atau bacaan sholat. Kan ngga bagus juga kalo dari kecil sampai sekarang yang kamu hafal Cuma surah- surah pendek yang itu- itu melulu. Mana yang kamu hafal surah yang ngga lebih dari 8 ayat lagi. Duh.

5. Upacara. Yang bikin beda lagi adalah saat upacara. Disaat sekolah yang lain pake topi sama dasi, madrasah engga. Topinya diganti sama peci hitam, tapi ngga semua madrasah pake peci. Ada juga yang pake topi sama dasi.


See? 

7 comments:

  1. Madrasah disini nggak pake peci, masih pake topi sama dasi, kayak sekolah2 biasa. Bedanya emang cuma di pelajaran agamanya aja, lebih banyak dan lebih mendalam :)

    ReplyDelete
  2. iya nih bener juga. gue juga kadang suka merhatiin gitu. :)

    ReplyDelete
  3. wah baru tau nih kalau ternyata madrasah gitu.
    nice post deh

    ReplyDelete
  4. Di Jogja termasuk banyak sekolah Madrasah dan Muhammadiyah juga lho dan memang semua seperti itu :D

    ReplyDelete
  5. Wah kalau kata temenku dulu ada 7 pelajaran agamanya, tapi lupa apa aja hehehe...

    ReplyDelete
  6. Sekolah madrasah sudah pasti pengajarannya akan disesuaikan sama ajaran Islam. :D

    ReplyDelete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...