Tuesday, August 12, 2014

TIPS Buat Kamu yang Ngga Lulus SBMPTN




Tahun ini saya betul- betul tidak siap masuk kuliah. Karena sisa- sisa peninggalan capek les di sekolah dan les di luar saat mau UN masih sangat terasa sampai sekarang. Bahkan saat tidak lulus jalur undangan, saya harus banting stir untuk belajar lagi di sbmptn. Saya capek sekali belajar hitung- hitungan. Dari dulu. Saya lebih suka saat menggambar. Bahkan saat saya sudah menyiapkan kertas cakaran untuk matematika, ujung- ujungnya malah penuh oleh gambaran karena saya ngga ngerti. Sigh. Saat tau tidak lulus jalur undangan, saya bahkan sangat susah untuk menahan diri tidak nonton One Piece. Padahal sedang puncak-puncaknya saya gemar anime itu. Kalo adikku sedang nonton dan saya sedang belajar, mataku sering sekali melirik ke One Piece bahkan ikut menyanyi kalo opening songnya.
Saya sempat izin sama orangtua kalo tahun ini saya tidak ingin kuliah. Saya pingin les saja seperti les biola, bahasa jepang atau bahasa inggris saja dan menikmati hari bahkan saya janji mau kerja. Eh, tapi malah dimarahi. Karena tidak mau jadi anak durhaka, saya ikut sbmptn dengan persiapan 20%.
Saat penggumuman sbmptn keluar, saya sedikit deg-degan. Tidak seperti waktu jalur undangan dulu. Dan saya jadi sibuk merangkai kata yang tepat untuk bilang ke abi. Saya sudah siap dan pasang tameng jika nanti akan dimarahi. Tapi nyatanya orangtuaku tidak marah. Dari mimik wajahnya hanya kecewa dan bingung mau bilang apa. Maafin.
Saya sedih sih, bukan karena ngga lulus. Tapi sedih karna lihat orangtuaku yang menaruh harapan besar dan perjuangan abi antar beli buku sbmptn, serta antar-jemput saat tes. Padahal saat itu macet parah! Saya juga sedih saat pertanyaan-pertanyaan keluarga lain, pertanyaannya tuh JLEB BANGET. Rasanya tuh seperti orang yang ditanya “KAPAN NIKAH?” dan “KAPAN SELESAI SKRIPSI”.

TIPS Buat Kamu yang Ngga Lulus SBMPTN

Saya ngasih tips ini bukan sekedar seenak jidat tapi ngga ngalamin. Saya ngga lulus sbmptn kok. Hehe.


1.      Move to Plan B
Mungkin ini sudah bukan rencana B lagi. Tapi sudah memasuki rencana C bahkan F. Hal paling pertama yang dirasakan tuh pasti deg-degan abis dan bingung bagi yang ngga punya rencana apa- apa. Saya bahkan dari jalur undangan ngga punya rencana apa- apa. Haha.

2.      Jangan Ikut- Ikutan
Iya. Jangan ikut- ikutan sama temen- temen yang mendaftar di universitas lain yang bukan minat kamu. misalnya kamu minat di bidang desain. Tapi karena ngga lulus di desain kamu banting strir ambil hukum atau teknik. Pikirkan ini: kita sudah tersiksa belajar 9 tahun yang ngga semua kita suka. Dan mau terulang empat tahun lagi di kuliah? Bagus kalo lulusnya empat tahun juga. Percayalah itu akan menguras pikiran, waktu dan biaya yang terbuang percuma.



3.      Ambil Jalur Mandiri
Kalo orangtua mampu ngga masalah. Coba lagi di jurusan kesukaan kamu. tapi perlu diketahui, jalur mandiri itu mahal. Mahal biaya masuknya dan biaya persemesternya. Tanya dulu orangtua baik- baik, sanggup ngga dengan biaya kuliah ini. kalo ngga sanggup lebih baik jangan ambil. Daripada kamu berhenti di tengah jalan? Lulus engga, uang pun terbuang juga. Dan perlu diketahui beasiswa bidik misi ngga berlaku buat yang ambil jalur mandiri.  

4.      Masuk di Universitas Swasta?
Hmm... boleh sih. Tapi ada baiknya kamu pertimbangkan seperti di nomor 2. kalo jurusan yang kamu mau ngga ada di univ. Tersebut ngga usah diambil. Belajar bersabar saja. Kalo ada pertimbangkan akreditasinya juga dan latar belakang kampusnya bagaimana. Memang sih, bakalan ada perasaan malu nganggur atau ngga kuliah setahun. Rasanya sampai- sampai mau sembunyi saja di rumah selama-lamanya. Apalagi kalo kumpul-kumpul keluarga besar dan tetangga. siap- siap menerima pertanyaan yang JLEB- JLEB BANGET sampai kamu pingin nangis. 
Tapi kamu harus pertahankan pikiran jernih dan pikiran postif. Nanti nyesel lho..

5.      Cari Kesibukan Lain
Memang sih kalo sekedar menunggu bakalan lama banget. Makanya cari kesibukan misalnya kerja, ikutan les musik atau bahasa. Karena kalo saat kuliah nanti, ini akan menambah nilai plus kita. Contohnya, kayak kakakku yang jurusan di antropologi. Dosennya tanya ada yang mahir bahasa inggris ngga? Kalo ada bakalan mau dibawa ke Jerman. Bayangkan! Jerman!!! Tapi sayang baik kakakku maupun teman- teman kelasnya ngga ada yang bisa. Hilang deh kesempatan emas. Coba bayangkan kalo kita yang menganggur dulu tapi les bahasa inggris, tiba- tiba mengancungkan tangan di tengah- tengah mahasiswa yang ngga satu pun tanggannya terangkat. Mata teman- teman pun teralih ke kita dengan tatapan iri. Fufufu.. 



6.      Kerja Part Time atau Magang
Ide yang bagus. Supaya kalo kuliah kita sudah punya tabungan sendiri. Ngga merepotkan orangtua lagi. Tapi dimana? Coba melamar di bank atau sebagai kasir. Atau agen properti!

7.      Menikmati Hari
I think i'm happySelama kita bersekolah, kita selalu mengeluh kalo terlalu cepat masuk dan menginginkan libur panjang. Ini adalah kesempatan untuk menikmati hari! pagi kamu akan selalu bahagia! Ayolah, lakukan apa yang ngga bisa kamu lakukan kalo sibuk. Misalnya yang cowo-cowo mau olahraga tapi karena sibuk dulu sekaranglah waktunya. Tapi tetap baca buku juga ya. Karena percuma cakep dan sixpack kalo wawasannya sempit. Siapa tau dengan wawasan dan body six-pack, kamu bakalan jadi primadona kampus. Hahaha.

Duh, Taylor. jadi mimisan nih 


Ada yang mau berbagi cerita juga? Pasti yang kamu rasakan ialah harga dirimu jatuuuh banget ke dasar bumi paling dalam. Tapi jadikan motivasi untuk berjuang lebih giat di tahun depan. Se-ma-ngat!



 image
Semoga tips ini bermanfaat!

Baca juga : Gagal di SBMPTN Kedua


5 comments:

  1. Tetap semangat, gagal itu awal kesuksesan...

    ReplyDelete
  2. halo nabila salam kenal aku ga lulus sbmptn tahun ini dan rasanya tuh nyesek banget tiap hari pengen nangis aja ga tau mau ngapain kedepannya dalam hati mau nganggur trus fokus belajar satu tahub tapi aku malu sama org tua berasa jd anak yg tidak berguna belum lagi kalau ditanya tante atau om rasanya tuh malu2in org tua bgt trus aku kyk org yg bodoh bgt :'( :'( :'( maafya aku curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pa-pa. Semua yang tidak lulus sbmptn pasti mengalami hal yang sama kayak kita. Dan saya ikut sbmptn tahun ini dan tidak lolos lagi. Hehe..

      Delete
    2. tetap semangat mungkin itu bukan yg terbaik. mau nanya dong selama vacum setahun km ngapain aja?

      Delete
    3. Selama sebulan, saya menghabiskan di rumah. Nonton, online, baca, dll. trus saya diajak satu bulan berikutnya ke rumah tanteku. Nah, dari bulan September- Juni, saya jaga toko. Dari pagi-malam. Tapi ga tiap hari juga karena saya les bahasa Jepang. Nah, dari jaga toko dan les bahasa jepang itu saya belajar bersosialisasi (karena saya anaknya pendiam dan pemalu, hehe), belajar berbasa-basi, dll.

      Sebenarnya, saya merasa waktuku banyak yang terbuang. Hehe

      Eh, saya sudah tulis tentang SBMPTN tahun ini, dimana saya gagal lagi tapi berhasil kuliah (akhirnya!)

      http://iambeautifulfreaks.blogspot.com/2015/07/gagal-di-sbmptn-kedua.html

      Delete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...