Thursday, June 25, 2015

Lagu Country yang Bagus (Part II)

Ternyata mencari lagu country susah-susah gampang. Walau ada youtube, tapi saya punya kebiasaan tidak sabar untuk mendengarkan lagu yang baru pertama kali saya putar sampai selesai. Maka dari itu saya tidak sanggup update tiap bulan seperti yang saya janjikan dulu.

Di Indonesia sendiri punya penyanyi country yaitu Tantowi Yahya. Dia juga yang mendirikan CMCI (Country Musik Club Indonesia) sekitar tahun 2003, pernah punya acara di TVRI dan Metro TV juga untuk musik ini. Namun, semenjak mencalonkan diri menjadi anggota DPR di tahun 2009, fokusnya sudah pindah. Lagunya yang bagus apa ya.. hmm.. tidak ada sih menurutku. Biasa saja. Mungkin karena dia lebih ke arah ballad. Sedangkan saya lebih suka yang bertempo cepat (allegro ya?)

1. It is What It is by Nick Santino
Setelah memilih untuk bersolo karier Nick sudah mempunyai empat album. Dan lagu ini ada di dalam albumnya yang ketiga Big Skies (2014). Oh iya, jangan sampai tertipu dengan cover albumnya yang begitu country karena lagu selain It is What It is, lebih ke arah pop. Lagu ini bercerita tentangnya sewaktu ia masih kecil, bagaimana ia ingin menjadi seorang astronot, pemain sirkus serta Robin Hood. Dan ia selalu mendapatkan 'pelajaran' atas cita-citanya tersebut. 
Tapi saya masih penasaran, kira-kira suara perempuan yang menjadi suara dua di lagu ini siapa ya? Sama penasarannya dengan suara dua di On a Lonely Night semasa di ARTTM dulu 

The truth is I'm a boy just tryin' to become a man
And I'm not sure what I've got ahead of this
But I'm thankful for the hand this life has dealt in front of me
And what happens next, well it is what it is

2. Camille and Hayley
Mereka adalah kakak beradik dari Tulsa, mereka juga sudah pernah saya bahas disini Kalau kamu suka lagu zaman album Taylor Swift yang pertama atau kedua, kamu bakal suka lagu-lagu dari mereka. Dan jika suka yang bertempo cepat, dengarkan saja I Wanna Go Home, Where's My Classic?, Rich Man Wife, Single Once Again,Ukelele Lover dan Hometown Girls. Oh iya khusus album ini bisa kamu download secara gratis disini. Tenang saja, legal kok. 

Oke, sekarang persiapkan mesin waktumu sebab saya akan membawamu ke era 70-an

3. Take Me Home, Country Roads by John Denver
Lagu yang mengangkat nama John Denver ini rilis pada musim semi di tahun 1971 dalam album  LP Poems, Prayers & Promises. Lagunya masih sering diputar di radio-radio jadi mungkin kamu tidak begitu asing lagi. Dan saat lagu ini rilis, sempat dijadikan sebagai icon West Virginia dengan julukan 'almost heaven-nya'. Beliau meninggal tahun 1997 di usianya yang ke 53. Saya paling suka saat bagian reff-nya, btw.

I hear her voice in the morning hour she calls me, the radio reminds me of my home far away.
And driving down the road I get a feeling that I should have been home yesterday, yesterday.
Country roads, take me home to the place I belong.
West Virginia, mountain momma, take me home, country roads


4. Lobo

Bernama asli Roland Kent Lavoie namun di awal 1970 ia mengganti namanya menjadi Lobo (dalam bahasa spanyol berarti serigala) Orang-orang mungkin akan lebih akrab dengan lagunya yang berjudul 'Stoney', 'How Can Tell I Her' dan 'Me and You and a Dog Named Boo'. Ya, saya juga suka lagu itu. Tapi saya paling suka dengan No Secrets yang dirilis era 90-2000an untuk Asia.

You know that I have no secrets from you
And I know that you have no secrets from me
We have a love that is built on trust

That's what we have you and me


5. The Gambler by Kenny Rogers
Dari awal dengar saya sudah langsung sukaEmoji08 by Emoji-icon.Lagu ini rilis tahun 1978 di bulan November dan mendapatkan Grammy Award untuk Best Country Song dan CMA song of the year 1979. Bisa dikatakan Kenny Rogers adalah penyanyi country yang paling banyak mendapatkan penghargaan. Selain itu lagunya juga dijadikan soundtrack film Kenny Rogers as The Gambler (1980) dengan beliau sendiri ikut bermain di dalamnya. Lagu ini juga sudah dinyanyikan ulang oleh penyanyi country masa kini, Blake Shelton. Dua-duanya sama bagusnya kok. Dan jika kamu mencari ulasan tentang lagu ini, ada banyaaak sekali. Liriknya menceritakan tentang saat Kenny Rogers berada di dalam kereta ia bertemu dengan seorang penjudi dan mulai bercakap-cakap sebab diantara mereka tidak ada yang bisa tidur. Nah, si penjudi ini pun memberitahukan Kenny Rogers rahasia untuk menang.

You've got to know when to hold 'em
Know when to fold 'em
Know when to walk away
Know when to run
You never count your money
When you're sittin' at the table
There'll be time enough for countin'
When the dealin's done

Bonus : foto Kenny Rogers dari masa ke masa


 
Dari penyanyi-penyanyi di atas masih ada lagu-lagunya yang bagus, tapi nanti saya bahas di postingan berikutnya. Dan saya sempat sedikit merasa kecewa karena jarang yang suka lagu country. Tapi lama-kelamaan saya mulai berpikir justru itu yang membuatnya istimewa image. See you dan selamat berpuasa!

Sumber gambar :
John denver : www.discogs.com
Kenny Rogers : http://www.indystar.com/story/entertainment/2014/01/24/kenny-rogers-coming-to-the-palladium/4581261/
http://www.chattanoogaradiotv.com/2014/07/
http://backyardgalahcam.com.au/viewtopic.php?t=938&start=50
wikipedia.com
Lobo : www.amazon.com


6 comments:

  1. Gak begitu suka sama lagu country sih, gue lebih suka lagu-lagu yang mengarah ke Rock sama J-pop :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang-kadang dengar J-Pop juga kok. Paling suka yaa Ost. One Piece sama Monkey Majik :))

      Delete
  2. Taylor Swift itu penyanyi country kan ya? Kalo iya, mungkin itu satu-satunya referensi musik country yang suka gue dengerin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. tapi hanya di album pertama dan keduanya saja~

      Delete
  3. Kacey Musgraves sama Hunter Hayes albumnya bagus-bagus tuh, apalagi Kacey, fresh seperti Taylor awal-awal debut.

    btw, saya juga suka Take Me Home, Country Roads hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren-keren. Jarang anak muda suka lagunya Country Roads. Kamu harus diabadikan! :D

      Makasih! Nanti saya coba dengarkan :))

      Delete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...