Saturday, July 5, 2014

Windows XP. Emang Masih Ada yang Pake?


Kadang pertanyaan itu untuk diri saya sendiri? Haha. Emang masih ada? Windows 7 aja udah dianggap jadul. Gimana dengan windows XP? Jangan- jangan ini sudah masuk dalam kategori prasasti kuno. Di kelas, hanya dua orang yang pake. Saya sama Amri. Trus komputer sekolah juga udah pake windows 8, temen- temen juga pada install windows 8. kalo pinjam laptop temen untuk nonton film, binguuuunngg banget masuk dimana.  

          Suatu hari, Amri datang membawa kabar. “nih dengar ya. Windows xp harus diganti dengan windows 7 mau ngga mau, bla..bla..bla (beritanya ada di yahoo)” dia baca lewat hape Nokia Qwertynya yang termasuk jadul. Tapi bila disandingkan dengan hapeku, dia masih diatas. Saya tertawa terpingkal- pingkal. Menertawai diri saya sendiri, Amri dan orang yang masih pakai windows xp. Saya sudah pernah mengusulkan kepada Abi, bagaimana agar diganti programnya dengan windows 7. Adikku yang SMP ikut setuju, secara dia merasakan apa yang saya rasakan. yah, salah satunya saja lah. Komputer atau laptop. Tapi kata Abi, kalau programnya diganti beberapa programnya ngga bisa dibuka atau hilang, Aduh!. Saya memang tidak punya laptop atau komputer sendiri. Jadi kalo mau nge-blog pakai komputer toko, atau laptop Abi yang pakainya hati- hati banget. Kan saya takut kalo ada apa- apa dengan kedua benda elektronik itu, misalnya terkena virus dan hang yang bikin saya bercucuran keringat. Data- data penting terancam bahaya.  Abi memang jarang marah, kecuali benar-benar kelewatan. Marahnya pun ngga keluar lewat kata- kata atau tindakan. Marahnya versi Abi itu diam tapi raut wajahnya horor abis.
          Pernah waktu pelajaran Sosiologi, kita disuruh bawa laptop. Temen- temenku punya semua. Oke tidak semua, tapi sebagian besar! Untung teman bangkuku Tami, punya laptop. Tapi dia minder karena laptopnya tebal dan udah lama keluarnya merek pico. Tapi setidaknya program laptopnya windows 7. kadang kalo ada tugas kelompok Tami harus mengubah documentnya jadi Microsoft word 2003 supaya saya bisa lanjutkan dan sekalian print. Kalo Amri, sampai sekarang tidak pernah sekalipun saya lihat dia membawanya. Entah apa yang terjadi dengan laptopnya selain program windows xp itu. Sampai- sampai dia bersikeras tidak akan membawanya. Biar disuruh push-up sekalipun. Nah, kalo saya meski tau dibolehkan bawa laptop Abi saya tidak akan pernah mau membawanya. Pertama, battery laptopnya udah rusak nyalainnya harus pake colokan. Di kelas colokan Cuma ada satu, itupun sudah dikuasai oleh Aziz. Kedua, programnya wondows xp. Bisa habis diketwain satu kelas deh. Ketiga, kalo mau bawa laptop pengamanannya ketat sekali. Harus bawa tas ransel yang lebih besar dari tasku. tas sehari- hari yang saya pakai juga kancingnya lepas, untung karena modelnya bcakpack jadi ada talinya yang mampu menopang semuanya. Dan tas ransel besar yang ada di rumahku hanya ada tas ransel yang dipakai untuk berlibur atau mudik! Ribet abis. Seakan- akan laptop yang saya bawa itu macbook atau samsung. Padahal mereknya zetta. Belinya waktuku kelas 2 SMP. Ngga pernah dengarkan? Saya juga. Sampai kepikiran jangan- jangan laptop ini tinggal satu- satunya di dunia.
          Sewaktu penamatan, Amri datang dengan hape barunya. Merek Oppo. Sekarang dia sudah gaul, aplikasi hapenya udah canggih (meski menurut orang biasa saja, karena hape mereka bukan kayak hapeku) bisa path dan lain-lain. Ngga ada lagi temen yang biasa saling mengejek hape satu sama lain. Saya jadi ikut senang, waktu tau hapenya baru. Bisa numpang main game soalnya. Tapi disisi lain, saya merasa sendirian di tengah-tengah mereka yang sedang mainin hapenya. Tami dengan nokia lumianya, ayu dengan samsung grandnya dan sekarang amri dengan opponya. Hape canggih mereka lebih menarik perhatiannya dibandingkan dengan ngobrol biasa. Trus Amri juga bilang mau dibelikan laptop. Duh, tambah ngga ada temen untuk diejek nih. Tapi ujung- ujungnya ngga jadi karna pengeluaran untuk masuk universitas sedang banyak-banyaknya. Fiuh.
         

2 comments:

  1. haii... kamu dapat award nih, kalau ada waktu ikutan yah, cek disini --> http://lailamqdds.blogspot.com/2014/07/makasih-atas-awardnya.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga, trima kasih ya atas awardnya. Sudah saya jawab kok. Hehe :)

      Delete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...