Sunday, July 28, 2013

Childhood Friends



            Pernah baca novel teenlit yang ceritanya tentang punya teman kecil yang lama nggak ketemu, trus sekalinya ketemu malah naksir. Gimana? Suka nggak dengan cerita kayak gitu? Dulu sih, iya aku suka baca tapi lama- kelamaan nggak suka baca teenlint gituan. Terlalu fiktif. Ya iya lah, aku kan nggak pernah ngalamin.
            Nah, pas beberapa hari yang lalu. Orangtuaku kasih tahu, kalo teman sekaligus tetanggaku yang dulu tapi pindah mau datang. Mereka pindah ke Jakarta. Dia mau mudik ke kampungnya trus mau singgah ke Makasaar dulu. Tetanggaku dulu itu, punya 3 anak tapi sekarang sudah 4. tiga- tiganya itu cowok. Anak yang pertama dan kedua, seumuran dengan kakakku. Sedangkan yang ketiga, dulu, masih bayi. Tunggu ya, mau flashback dulu.

            Jadi, aku masih ingat. Mereka dulu kakak-beradik itu, sering nonton ke rumah kalo hari Minggu. Soalnya mereka ngga punya tv. Tapi mereka tuh nakal. Bukannya bermaksud untuk mencela. Mereka yang hitam, badannya korengan, ingusan nggak terawat lah. Wajar sih karena masih bocah. Dulu kakakku sering larang mereka ke rumah karena.. yaa itu. Aku sih Cuma diam aja.
            Rencananya mereka mau datang tanggal 30. Tapi mereka datangnya mendadak banget bray jam 2 malam tanggal 25! Ternyata yang datang Cuma tiga orang. Bapak, yang sulung dan yang ketiga. Nanti yang lainnya nyusul. Jadi mereka tuh tunggu di Makassar, nanti kalo yang lain udah datang mudik sama- sama deh. Sama- samanya sama keluarga mereka ya, bukan sama keluargaku.
            Nah, aku kan penasaran sama si sulung yang dulu. Pas aku lihat, beuh udah beda banget.  Putih, tinggi, berkacamata. Dia sudah bersih sekarang. Terawat lah. Ya iyalah secara dia udah kuliah. Anak yang kedua baru mau masuk kuliah. Malah aku merasa diriku nggak ada perubahan, masih kucel.
            Tapi tadi sore kakak-adik itu berangkat duluan ke kampungnya. Yang sulung Cuma say goodbye lewat bahasa tubuhnya sama kakakku. Sama aku nggak. Nggak pa- pa udah biasa.
            Hikmah yang bisa aku ambil. Namanya juga manusia pasti bisa berubah. Jadi nggak usah berkecil hati lah kalo kita jelek, nggak terawat. Karena ada masanya kita berubah dari itik kecil yang buruk rupa menjadi angsa.

No comments:

Post a Comment

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...