Tuesday, March 11, 2014

Kenapa Harus Kembali ke Tahun 2011?




            Kenapa? Karena gue mau cerita waktu masa awal MOS. Sebelumnya gue belum pernah cerita kan? Hehe. Di hari pertama MOS, gue mengawali hari dengan rok dan baju yang kelonggaran, ditambah terlambat, Jadi gue ngga tau di gugus berapa dan dimana. Bertempat di aula, gue berdiri di tengah- tengah kerumunan orang yang berjumlah 300an dan udah kayak orang autis gitu. Ngga tau gimana ceritanya, eh gue udah ada di barisan yang isinya orang- orang yang ngga tau dia di gugus mana. Kakak- kakak gugus pun mulai mengabsen ulang anggotanya dan udah tiga orang terakhir namaku ngga disebut. Biasanya kalo penyebutan nama gitu, gue rada sial. kemungkinannya ada tiga. Kalo bukan namaku yang pertama, terakhir atau malah ngga ada sama sekali. Prediksi ini mulai gue rasakan sejak SD. Sewaktu temenku ada yang ulang tahun, dia minta tolong sama wali kelasku untuk dibagikan undangannya, bisa ditebak semua teman sudah dapat kecuali gue. Dan ini berlangsung setiap tahun. Katanya sih semua orang di undang, mungkin undanganku tercecer. Katanya tiap tahun. Sudahlah, toh tiap tahun juga gue ngga diizinin pergi.


            Di orang kedua terakhir namaku disebut juga. Gue berada di gugus tujuh dan didampingi oleh 2 kakak cewek dan 1 cowok. Yang cowok itu namanya kak Akram, orangnya cakep banget, trus ada kak Fina, yang manis banget dan gue lupa yang satunya lagi. *Maafin kak*

            Trus kakakku sekolah disini juga. Ada enak dan engga nya sih. Enaknya tuh ada yang kasih tau tentang seluk beluk sekolah termasuk guru- gurunya, punya banyak kenalan kakak kelas. Tapi engga enaknya yaa itu.. suka dibanding- bandingkan. Terutama soal kemiripan. Sampai sekarang mereka dan teman- temanku masih mempertanyakan ketidakmiripan ini. Dia pendek, Gue agak tinggi. Dia engga sipit, Gue sipit. Dia di IPS 1, gue di IPS 2. Tapi diantara itu gue paling malas jawab kalo masalah kelas. Semacam ada persaingan yang tak terlihat sih dari SMP. Nantilah gue cerita kalo lagi mood.  

            Hari pertama MOS, gue belum mendapatkan teman sama sekali. Palingan hanya temanku yang waktu SMP, itupun mereka udah punya teman baru. Hari pertama juga kita dikenalin sama peraturan- peraturan sekolah, kata- kata pengantar tidur dari kepala sekolah dan guru- guru yang bikin gue ngantuk.

            Trus kakak gugusku nunjukin ke temennya kakakku kalo gue ini adiknya kakakku. Sempat ditanya- tanya gitu alasan kenapa masuk di sekolah ini dan masalah kemiripan. Gue masih ingat juga anak- anak disekitarku pada masang muka kepo.

            Malamnya gue cerita sama kakakku tentang hari pertama MOS di sekolah. Termasuk tentang teman- temannya. Gue juga cerita, tadi kan ada cowok yang dikasih nomornya sama kakak gugusku yang satu- satunya cowok itu lho. Trus cewe-cewe pada kerubungin dia buat minta nomornya kakak itu sama cowok yang tadi di kasih. Trus kakakku bilang gini “Astaga, segitunya. Kamu mau juga?” seandainya waktu itu hape gue ngga rusak dan punya hape baru, mungkin gue akan menjawab, ya. Tapi, buat apa?

            Hari kedua MOS, gue udah ngga telat lagi. Malah kepagian. Sebenarnya kita disuruh bawa alat- alat kebersihan gitu, tapi gue lupa beli tadi malam. Jadi gue ambil gayung dari kamar mandi dan tempat sampah dari rumah. Itupun ngga sempat gue cuci, langsung sambar. Sampai di sekolah gue lihat anak- anak bawa alat kebersihan yang baru- baru gitu. Kemudian mereka balas menatapku secara bergantian dengan alat kebersihan yang gue bawa. Maksudnya apa ya?

            Di hari kedua inilah gue sudah dapat teman baru. Namanya Ama. Dia mantan kelas X-5 sekarang XII IPA 4. Anaknya baik. Tapi sayang sekarang kita udah jarang saling sapa. Paling Cuma sekedar senyum. Oiya kita juga dikenalin sama ekskul- ekskul sekolah. Beuh, yang jadi ketua tuh isinya kakak- kakak cakep semua. Gimana pada ngga minat masuk ekskul coba kalo kayak gitu. Terutama PMR yang jadi incaran anak baru. Tapi waktu kelas 10 gue pengennya masuk KIR, tapi temenku ngga ada yang minat jadi gue ikutan ngga jadi deh.

            Kita juga diajarin baris- berbaris paskib gitu di tengah- tengah lapangan yang panas. Yang sampai sekarang gue masih bingung dengan baris-berbaris. Kalo MOS kan identik dengan pake pita- pita atau tas dari kantong plastik, angkatan gue ngga ngerasain hal itu. Dilarang sama kepala sekolah lupa alasannya kenapa. Ngga seru banget. Padahal gue udah bayangin kayak di film- film atau setidaknya ftv gitulah.

Hari ketiga MOS, kita disuruh kumpulkan surat cinta yang kemarin disuruh. Gue udah buat dua. Temenku minta tolong dibuatkan satu. Tapi di gugusku ngga ada tanda- tanda yang kumpul surat. Hanya beberapa anak dan kesannya gue paling semangat banget. Kelihatan dari nama yang gue tulis di amplop itu. Temen gugusku malah ada yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan hati kakak kelas. Sampai sekarang gue masih simpan salinan surat yang gue bikin waktu itu. Kertasnya sudah menguning dan tintanya mulai menguning juga. Jijik, alay, lebay gitu isinya. Apalagi pas gue baca.

Kemarin kan kita disuruh bawa bekal. Karena katanya nanti kelaparan. Tapi pas baris dengan tas di lapangan, seorang guru menyuruh kakak- kakak gugus untuk membawa tas kami ke aula daaaann mereka boleh mengambil makanan yang ada di dalam tas. Padahal gue udah beli jajanan kesukaan gue. Hiks banget. 

Sebelum sholat dzuhur, kelas untuk kita mulai disebutin. Masih ingat banget, yang belum disebutin namanya tinggal segelintir orang termasuk gue. Untungnya gue bukan orang terakhir yang disebutin. Hari itu gue secara resmi menjadi siswi MAN 2 Model dan bagian dari kelas X. 7





                       



5 comments:

  1. jadi flashback tahun 2012 pas mos juga, aih,aih.

    ReplyDelete
  2. kalau gue gak inget ka -_-, soalnya gak berkesan gitu jadinya hus-hus buang jauh2 memori itu :D

    ReplyDelete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...