Friday, December 14, 2012

All About Tea Tree



 Tumbuhan yang dikenal sebagai obat jerawat ini, apa benar berasal dari daun teh? Biar nggak salah arti, yuk kita baca!


 

Apa sih tea tree itu?
            Tea tree adalah sejenis pohon yang dikenal dengan nama Melaleuca Alternifolia atau yang lebih dikenal dengan pohon minyak kayu putih. Pohon ini berasal dari Australia, daunnya kecil- kecil seperti jarum, sedangkan kulit kayu dan bunganya berwarna putih.

Istilah tea tree
            Tea tree yang banyak tumbuh di Australia dulunya digunakan oleh suku Aborigin sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka, gigitan serangga dan infeksi kulit. Istilah tea tree sendiri baru ada sekitar tahun 1770 dari seorang penjelajah asal Inggris yang bernama Captain James Cook. Dulunya, Captain Cook dan kru kapalnya meracik daun Melaleuca untuk diocampur ke dalam minuman teh sebagai penghangat badan, karena itulah namanya Tea tree.


Tea tree sebagai obat jerawat
            Berdasarkan riset seorang ahli kimia, dr. Arthur Penfold di tahun 1920, tea tree mengandung zat antiseptic yang ampuh. Kandungan terpinen-4-ol di dalamnya bermanfaat membunuh virus, jamur dan bakteri pada kulit termasuk propionibacterium acens. Ini adalah bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat. Tea tree oil yang kita kenal adalah hasil penyulingan dari daun Melaleuca, essential oil yang dihasilkan salah satunya berkhasiat mengobati jerawat. Nah, jika kita mengompres jerawat dengan kapas yang ditetesi tea tree oil, terbukti bisa mengurangi pembengkakan pada jerawat. Ini karena ada zat antiseptiknya dapat membunuh kuman penyebab jerawat dan membantu memperbaiki jaringan kulit yang terganggu akibat jerawat. Tea tree oil berasal dari bahan alami enggak akan menimbulkan efek samping. Berbeda dengan obat jerawat lainnya yang mengandung bahan kimia, biasanya sering menimbulkan alergi. Kemerahan juga peradangan. Selain itu aroma dari tea tree dapat berkhasiat menenangkan dan menyegarkan kulit. Jadi, kalau jerawat datang , tea tree bisa jadi andalan. Hehe.. 



Ini rangkaian produk dari Oriflame yang aku pakai, yang disebelah kirinya itu (3)Tea tree oil. Selain itu ada juga sabun (1)pencuci muka, gunanya untuk menghilangkan kotoran dan menyamarkan noda.
(2)Blemish solver yang ringkas dan akurat. Membantu dan mengurangi noda.
(4) Yang warna hijau itu untuk perawatan noda 2-in-1, sedangkan yang warna cokelat untuk concealer.

Aku udah pakai nomor 2-4, alhamdulillah jerawat dan bekasnya sudah mulai berkurang. Mungkin karena aku nggak rutin pakai jadi agak lama (sekitar 1 bulan). Tapi kalau aku rutin pakainya pasti cepat hilang. Apapun yang kita pakai tapi kalau nggak maksimal. Yah, hasilnya juga nggak maksimal.

Kalau kamu, pakai apa untuk menghilangkan jerawat?




sumber: majalah kaWanku No. 90- 2011 

2 comments:

  1. luar biasa ya kandungannya.. sudah saatnya kiita beralih ke pengobatan herbal.. yang lebih aman

    ReplyDelete
  2. Kalau saya jerawatnya sedikit, jadi pakai jeruk nipis kak

    ReplyDelete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...