Tuesday, January 4, 2011

Saving water, Please...

Saving Water, Please!

  1. Punya rumah jauh dari daerah resapan air
Tragedi Situ Gintung jadi salah satu contoh saat air menjadi sangat marah sama kita. Seharusnya, daerah resapan air ditanami pepohonan, bukan rumah-rumah. Ketika air tidak bisa lagi meresap ke tanah, dia pasti akan merembes ke tempat lain. dan hasilnya, meretakkan tempat-tempat yang tidak seharusnya.

  1. Buang sampah pada tempatnya
Kita sering menutup hidung ketika lewat selokan atau kali di pinggir jalan yang agak bau dan penuh sampah. Tanpa sadar, kita juga lah yang mencemarkan air dan membuat air jadi kotor dan bau. Mulai sekarang buang tisu bekas keringat, plastik bekas makanan, atau botol bekas minuman ke tempatnya, bukan ke dalam selokan atau kali.





  1. Buang air ke tanah atau tanaman
Usahakan enggak membuang air bekas pakai ke selokan atau aspal jalan. Ini berguna untuk menjaga siklus air di lungkungan kita tetap baik. Misal, kalau minuman yang kita minum enggak habis, buang dulu airnya ke tanah, baru buang wadahnya ke tempat sampah. Air akan menjalani siklusnya dengan lebih baik bila kita membuangnya ke tanah atau tanaman.

  1. Buang baterai pada tempatnya
Kandungan merkuri yang ada pada baterai bisa mencemarkan tanah, sekaligus mengganggu siklus air tanah. Lebih baik bungkus batera dengan plastik dan buanglah ke tempat sampah.

  1. Siram rumput di halaman secukupnya
Berbeda dengan tanaman, sebenarnya rumput Cuma perlu disiram 2-3 hari sekali. Menyiram rumput setiap hari justru mengganggu siklus tanah dan keseimbangan nitrogen dalam tanah. Apalagi kalau siramnya pakai air bersih, boros air, tuh...




  1. Gunakan shower ketika mandi
Mulai sekarang, mandi pakai shower saja, yuk. Penggunaan shower bisa mengurangi volume air yang terbuang, karena air yang keluar lebih sedikit dan kita bisa langsung mematikannya apabila sudah selesai digunakan.

  1. Siram tanaman dengan air bekas aquarium
Air bekas aquarium mengandung nitrate, yaitu kandungan yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Kalau habis mengganti air aquarium, mending gunakan untuk menyiram tanaman. Sehingga tanaman juga dapat membantu air melakukan siklusnya dengan baik.



  1. Tampung air hujan
Kita bisa menampung air hujan di ember atau bak. Nantinya, air hujan bisa digunakan untuk menyiram tanaman, sehingga kita enggak perlu memakai air bersih. Air juga akan kembali ke tanah lagi, kan?

  1. Hindari penyedotan air berlebih
Memang untuk mendapatkan air bersih yang banyak, rata-rata setiap rumah memasang pompa elektrik. Pemasangan pompa ini enggak akan jadi masalah kalau kita tetap mengontrol penyedotan aornya. Penyedotan air yang dilakukan secara berlebihan (sering banget memakai air hingga jet pam menyala terus) akan mengganggu keseimbangan air. Nah, jumlah air yang sedikit dan sudah terganggu keseimbangannya di suatu tempat, dapat melemahkan struktur tanah yang ada di sekitarnya. Sehingga hanya soal waktu saja bangunan yang di atas tanah tiba-tiba ambruk.


Sumber: kawanku N0.48/2009

4 comments:

  1. Ahaa, its pleasant conversation on the topic of this paragraph here at this web site, I have read all
    that, so now me also commenting at this place.
    My site free iphone

    ReplyDelete
  2. My partner and I absolutely love your blog and find nearly all of your post's to be just what I'm looking
    for. can you offer guest writers to write content to suit your needs?
    I wouldn't mind producing a post or elaborating on some of the subjects you write in relation to here. Again, awesome website!
    Visit my web-site ; immobilien türkei

    ReplyDelete
  3. I'm gone to tell my little brother, that he should also go to see this weblog on regular basis to take updated from hottest gossip.
    Feel free to surf my web page :: immobilien in Antalya

    ReplyDelete
  4. What's up friends, its wonderful post concerning teachingand completely explained, keep it up all the time.
    My homepage - asuntoturkista.net

    ReplyDelete

Cukup Kerjaan yang Pakai Target. Bacaan jangan :D

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton salah satu youtube binaragawan kesayangan fitnesmania yakni Ade Rai. Padahal tidak ada riwayat sebel...